Selasa, 18 Januari 2011

MENJADI MANUSIA BERKARAKTER LEBAH

MENJADI MANUSIA BERKARAKTER LEBAH

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “buatlah sarang-sarang di bukit-bukit,di pohon-pohon kayu,dan di tempat-tempat yang di bikin manusia” (Q.S.An-Nahl : 68 )

Allah SWT. Telah menciptakan akal dan menyempurnakanya denga wahyu sebagai petunjuk. Dengan akalnya manusia diperintahkan untuk memikirkan ciptaan-ciptaan-Nya serta merenugkan dan engambil pelajaran dari keajaiban-keajaiban ciptaa-Nya yang salah satu tentaeng binatang lebah berdasarkan firman-Nya : “Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di muka bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya,melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian Tuhanlah mereka dihimpunkan “ (Q.S.Al-An-am : 38 )





Karakter Lebah

Surat An-Nahl terdiri atas 128 ayat, termasuk golongan surat Makkiyah.
Surat ini dinamakan An-Nahl yang berarti Lebah karena di dalamnya,terdapat firman Allah SWT ayat 68.

Lebah adalah mahkluk Allah yang banyak member manfaat dan kenikmatan kepada manusia.Ada persamaan antara madu yang dihasilkan oleh lebah dan Al-Qur’anul Karim.Madu berasal dari macam-macam sari bunga dan dia menjadi obat bagi macam-macam sari bunga dan dia menjadi obat bagi macam-macam penyakit manusia Surat An-Nahl ayat 69 menjelaskan hal tersebut : “kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu) . Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya,di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pad yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang yang memikirkan.”
Setiap hari lebah mencari sari bunga untuk dijadikan madu. Madu cairanya dapat di jadikan obat yang menyembuhkan dan untuk kesehatan. Ampasnya dapat di hadikan lilin. Lebah sngat disiplin,mengenal pembagian kerja dan membuang sesuatu yang tidak bermanfaat. Lebah tidak mengganggu kecuali ada yang mengganggunya. Sengatanya dapat menjadi obat. Tapi jangan coba mengganggu lebah ,lebah akan melawan kepada siapa saja yang mengganggunya.lebah juga tuidak merusak sesuatu yang dihinggapinya.
Ada 5 sifat yang harus dimiliki seorang mukmin agar menjadi manusia yang berkarakter seperti “lebah” :
1.Rajin disiplin dan pekerja keras , seorang mukmin harus rajin,disiplin dan kerja keras dalam mencari nafkah untuk menafkahi keluarga. Seoarang mukmin juga harus gigih mununtut ilmu setinggi mungkin dan mengembangkan wawasan untuk mencapai keunggulan dalam seluruh aspek kehidupan.
2.Produktif dan bermanfaat bagi lingkungan
3.Tidak boros dan bergaya hidup Hemat
4.melakukan sesuatu yang bermanfaat dan tidak merusak. Salah satu ciri seoarang mukmin adalah seperti padA firman Allah SWT. dalam (Q.S. Al –Mukminun : 3) : ’’Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan)yang tiada berguna”

5.Memperkuat gerakan Islam ,amar ma’ruf nahi munkar: “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan,menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung ”. (Q.S Al-Imran : 104)
Semoga kita menjadi mukmin yang diharapkan oleh Rasulullah SAW.
Amin .

Refernsi dari Mimbar Jum’at “Uswatun Hasanah” dengan judul menjadi manusia berkarakter “Lebah” Oleh: Moochamad Ja’far,S.Pdi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terjemahkan Blog Ini

Entri Populer